Pengembangan Wisata Banyu Prosotan

  24 Mei 2018  |  DESA KAMPUNGANYAR

Kampunganyar merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Kampunganyar terkenal sebagai desa wisata air, salah satunya yang terkenal adalah wisata “Banyu Prosotan”. Meski dalam proses pembangunan, wisata ini masih sangat alami dengan daya tarik pemandangan yang indah dan air yang sangat jernih. Pengembangan dan pembangunan wisata “Banyu Prosotan” hanya melibatkan warga sekitar yang bergotong royong dan peralatan seadanya seperti cangkul, linggis, sekrop, dan peralatan tradisional lainnya.

Kepala Dusun Krajan mengatakan bahwa wisata ini sudah berjalan selama satu bulan, namun karena adanya peristiwa meluapnya air yang disebabkan oleh hujan deras terjadi kerusakan di wisata “Banyu Prosotan” pada beberapa jalur dan fasilitasnnya. Saat ini warga sekitar dibantu oleh mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang bergotong royong memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi.

Wisata air “Banyu Prosotan” menyuguhkan olahraga air yang menantang adrenalin dengan konsep yang berbeda dengan wisata air lainnya. Jika wisata air pada umumnya menggunakan perahu karet yang ditumpangi oleh beberapa orang, wisata “banyu Prosotan” hanya menggunakan ban dalam yang ditumpangi oleh satu orang.

Panjang lintasan yang disuguhkan di wisata “Banyu Prosotan” sepanjang 400 m dengan arus yang tidak terlalu ekstrim. Kemungkinan Panjang lintasan akan dikembangkan hingga 1 km sehingga wisatawan dapat menikmati wisata “Banyu Protosan” dengan puas. Karena masih dalam proses pembangunan, pihak pengelola belum menentukan tarif yang akan dikenakan pada para wisatawan yang ingin menikmati wisata “Banyu Prosotan”.

Contact Details

  Alamat :   Jalan Kemuning No 1 Dusun Kopencungking RT 001 RW 001
  Email : kampunganyar66@yahoo.com
  Telp. : 082330546864
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter : http://kampunganyar.desa.banyuwangi.com/


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi